Senin, 13 November 2017

WISATA TENUN TRADISIONAL SUKU SASAK DUSUN TOLOT-TOLOT



Haloo semua,,, 

kali ini saya akan menceritakan potensi wisata yang sangat menarik hati kita untuk menggali lebih jauh seberapa menarik dan seberapa indah potensi wisata yang patut dikembangkan dan dilestarikan di desa saya sendiri. Okay guys, potensi wisata yang sangat saya sukai dan kagumi sampai saat ini di desa saya adalah salah satunya proses pembuatan kain tenun tradisional Suku Sasak. Sebenarnya masih banyak juga sih item wisata yang ada di desaku yang tidak jauh lebih menarik daripada tenun tradisional ini. Seperti wisata pertanian tembakau dan padi saat musim tertentu, wisata arum jeram, wisata religi di pemakaman ulama, dan masih banyak lagi. Namun, saya sengaja mengangkat tema ini karena saya lebih suka dengan hasil kerajinan tradisional khas Suku Sasak.

kalau teman-teman ingin atau tertarik untuk melihat lebih jelasnya, yuk tonton video berikut ya klik disini

ini adalah berbagai jenis kain tenunan hasil penenun yang ada di desa saya :



 corak merak, kembang komak, selulut, ragi genep


dan ini adalah salah satu pengrajin tenun yang ada di desa saya yang masih menggunakan peralatan tradisional :

puk minah sedang asyik melakukan aktivitas rutinnya sebagai pengrajin tenun

mengenai harga, tergantung dari jenis kain dan corak yang dipesan oleh pelanggan. biasanya untuk corak yang ada pada gambar pertama berkisar antara 200rb - 250rb. kalau songket berkisar antara 1 juta bahkan bisa mencapai puluhan juta rupiah. dan mengenai lamanya waktu pengerjaan, tergantung dari pengrajin itu sendiri. biasanya kalau dikerjakan setiap hari tanpa istirahat bisa selesai 2 hari berturut-turut. tetapi namanya manusia kan membutuhkan istirahat guys, jadi biasanya bisa memakan waktu hingga 4-5 hari untuk satu jenis kain biasa. kalau songket yang agak rumit bisa memakan waktu 2-3 minggu.

ok guys, untuk lebih jelasnya bisa juga langsung datang ke desa saya yang beralamatkan di Jln. Gapura-Teruwai, 83573. tetapi tidak semua warga bisa menenun, khususnya di dusun Tolot-Tolot bisa dijumpai pengrajin dengan mudah :-)

2 komentar:

WISATA TENUN TRADISIONAL SUKU SASAK  DUSUN TOLOT-TOLOT Haloo semua,,,  kali ini saya akan menceritakan potensi wisata yang sang...